p

Friday, August 07, 2009

Reformasi, Ditjen Pajak pakai proyek Pintar



Departemen Keuangan tengah mempersiapkan reformasi di tubuh Direktorat Jenderal Pajak yang dinamai proyek Pintar (Project for Indonesia Tax Administration Reform). Proyek Pintar ini membutuhan dana sebesar US$145 juta. (kalau dirupiahkan kali aja aproximetely 10.ooo heheh) Pembiayaan yang akan digunakan pemerintah untuk mendanai proyek itu berasal dari pinjaman Bank Dunia. Pintar rencananya dilaksanakan mulai 2009 sampai dengan 2012.

4 Komponen

Pintar meliputi empat komponen yaitu, pertama, penyempurnaan core tax system berbasis IT yang terdiri dari registration, returns processing, tax payer accounts, document management, dan system architecture.

Kedua, penyempurnaan manajemen SDM meliputi sistem penggajian, manajemen kepegawaian, pelatihan, uraian jabatan, kebijakan mutasi, dan proses perekrutan yang terintegrasi. Ketiga, penyempurnaan manajemen kepatuhan meliputi peningkatan sistem penilaian risiko, kebijakan dan program pemeriksaan, serta pelayanan wajib pajak.

Keempat, manajemen perubahan dan implementasi Pintar meliputi pengembangan sistem informasi bagi pimpinan dalam rangka peningkatan pengendalian internal, kepatuhan internal, dan penjaminan kualitas, serta peningkatan manajemen perubahan melalui bantuan teknis.

melalui outbond internalisasi corporate value diharapkan bisa diimplementasikan dalam dunia kerja dalam rangka meningkatkan kinerja dan dedikasi pegawai pajak dalam melayani wajib pajak secara prima, semoga !

sumber : disarikan dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment