p

Tuesday, August 06, 2019

Kampung Warna Warni Tridi Jodipan Malang

Oleh Hapi Cahyadi

Jika anda mengunjungai kota Malang, belum lengkap rasanya jika belum berkujung ke kampong Warna Warni Jodipan. Kampung ini dulunya tempat kumuh namun kini disulap menjadi tempat wisata yang hits di kota dingin itu. Kampung ini dilengkapi jembatan kaca.

 




Jembatan kaca yang diklaim menjadi jembatan kaca pertama di Indonesia ini telah secara resmi dibuka oleh pemerintah Kota Malang pada Senin (9/10/2017) lalu.
Peresmian jembatan kaca Ngalam Indonesia dihadiri langsung oleh Wali Kota Malang Mochamad Anton, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Fauzan, serta Vice President PT Inti Daya Guna Aneka Warna (Indana) Steven Antonius Sugiharto.
Kehadiran jembatan kaca ini semakin menambah daya tarik Kampung Jodipan dan Kampung Tridi karena pengunjung kini bisa ber-selfie ria di atas jembatan kaca ini.
Konstruksi jembatan kaca Ngalam Indonesia ini dirancang oleh dua mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), yaitu Mahatma Aji dan Khoriul di bawah binaan Ir. Lukito Prasetyo. Kedua mahasiswa tersebut pernah menjadi Juara Umum Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia Tahun 2015. Sedangkan untuk pembangunan jembatan difasilitasi oleh PT Indana yang perusahaan cat asal Malang. Pembangunan jembatan ini dilakukan sejak 8 Juni 2017 dan rampung 25 September 2017 dengan materi bahan yang sudah teruji kekuatannya.
Desain jembatan kaca ini disebut-sebut ingin meniru jembatan kaca ekstrim yang ada di Zhangjiajie, Cina. Namun hasil akhirnya menunjukkan jika jembatan ini hanya memiliki kaca di bagian tengah dengan ukuran yang tidak terlalu besar di bagian dinding jembatan. Meski demikian, banyak wisatawan yang tetap berfoto ria di atas jembatan ini.




















Saya bertemu dengan Yassir, seorang pelancong yang dating ke Indonesia seorang diri. Dia berasal dari Yordania. Ketika itu kami sedang beli es krim 'aice" bersama.

No comments:

Post a Comment